31 Mei 2013

POEISI 4 DIMENSI, A FASHION SHOW PARADE


Assalamu’alaikum!
Beberapa waktu yang lalu, Jakarta Fashion Food Festival kembali digelar. Bertempat di Mal Kelapa Gading 3 Jakarta, Kolaborasi desainer muda yang tergabung dalam tema “Poesi 4 Dimensi” ikut meramaikan acara ini.

21 Mei 2013, Poeisi 4 Dimensi ini terdiri dari 4 desainer, 4 bentuk, 4 inspirasi, namun disajikan dengan 1 harmoni dan 1 kesamaan minat dalam mengekplorasi kain-kain tradisional Indonesia pada sebuah Parade Fashion Show.















Berikut adalah 4 desainer yang mengambil konsep urban kontemporer ini, yaitu :
1.    Yusak Maula untuk CULTURA | @yuza_taurean
CULTURA didirikan sejak tahun 2010 dengan menampilkan konsep budaya kontemporer. Berlokasi di Koloni Area, Mal of Indonesia lantai 2, CULTURA berhasil menjadi top 10 Finalis Indonesia Fashion Entrepreneur Competition di Indonesia Fashion Week 2013.

Pada “Poeisi 4 Dimensi” , Cultura menampilkan 10 koleksi baru busana pria yang terinspirasi dari kebudayaan Egypt. Namun bahan yang digunakan adalah gabungan dari kain tenun dari Troso, Jawa Tengah. Pemilihan warna yang digunakan adalah warna-warna bold seperti marun, biru, oranye, dan turquoise sebagai koleksi 2013/2014. Wah bisa jadi referensi untuk teman dan saudara laki-lakimu nih! ;)


2.    Pradani Ratna untuk NOM | @DhaniekRatna

Pradani Ratna. Si cantik lulusan ESMOD ini mempublikasikan NOM pada tahun 2012 dengan konsep premium street wear namun dengan tampilan yang elegan. Karyanya dapat ditemui di Alun-alun Grand Indonesia Jakarta, Happy Go Lucky Bandung, dan Gate Store Yogyakarta. NOM berhasil menjadi 10 finalis Indonesia Fashion Entrepreneur Competition di Indonesia Fashion Week 2013.

Pada “Poeisi 4 Dimensi”, NOM menampilkan 10 konsep urban untuk busana wanita (kisaran usia 17-35 tahun). Terinspirasi dari karang di lautan, penggunaan warna yang digunakan adalah warna terang, tenang, dengan suasana tropis yang cocok untuk musim semi/panas.


3.    Ariy Arka untuk ABEE | @ariy_abee

Salah satu hal yang membuat ABEE unik dan berbeda adalah Ariy Arka berkarya dengan motif batik asli dan kain tenun yang mereka buat sendiri. ABEE didirikan pada tahun 2010, dengan konsep dibuat atas pesanan ini telah memiliki dua store, yaitu di Cibubur Country RBOJ dan Rita butik PVJ Mal Bandung.

Pada “Poeisi 4 Dimensi”, ABEE menampilakn 10 koleksi busana lelaki yang terinspirasi dari desa pertanian di Irlandia menggunakan kain tenun dari Lombok dengan warna-warna soft dan pastel.


4.    Ayu Dyah Andari untuk Ayu Andari Couture | @ayudyahandari
Ayu Andari Couture diawali dengan produksi rumahan dengan membuat beberapa gaun pengantin untuk teman dan relasinya di tahun 2012. Ayu Andari Couture adalah 1 dari top 10 pada Indonesia Fashion Entrepreneur Competition di Indonesi Fashion Week 2013. Berlokasi di LaMoie FX Sudirman Mal lantai 4 Jakarta.

Pada “Poeisi 4 Dimensi”, Ayu Andari Couture menampilakn 10 koleksi untuk wanita muslim, yang terispirasi dari era 1920 an yang vintage dan romantic dengan menggunakan kain tenun Palembang, yang tidak lain tidak bukan adalah kota asal perempuan ayu ini.


Bangga ya, ternyata semakin banyak anak muda Indonesia yang kreatif dan bahkan tetap mencintai budaya lokalnya. Mereka sudah speak up lewat karya-karyanya. Sekarang giliran kamu. Go! :)


Writer: Cahya Meytha Sari | Editor: Fika Trimujiani
Follow on @hijabspeak

All courtesy photos : sadikingani.com










0 komentar:

Posting Komentar