19 Juni 2013

TIDUR NYENYAK, NGGAK SUSAH KOK!

Assalamu'alaikum!
Tidur merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tidur melepaskan semua kepenatan kita selama satu hari penuh untuk kembali me-recharge tenaga untuk mengawali aktifitas esok hari. Lama waktu tidur yang normal untuk orang dewasa adalah 8 jam. Namun, ternyata tidak semua orang dapat tidur sesuai waktu tidur normal tersebut.
Saat tidur, tubuh kita juga memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh juga membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Kurang tidur dapat menyebabkan emosi yang tidak stabil, lelah, berkurangnya kemampuan berpikir. Sayangnya, banyak orang yang merasa sulit tidur saat malam hari. Walaupun sudah berniat untuk tidur, tapi mata tidak bisa terpejam dan tidak ada rasa kantuk.
Bagaimana agar Kamu dapat menikmati tidur nyenyak di malam hari? Berikut ini hijabspeak kasih tips untuk membuat tidur kamu lebih  nyenyak.

1. Rasakan tubuhmu
Saat berada di tempat tidur, rasakan tubuh kamu. Ini akan membantu kamu menyadari bahwa kamu telah siap untuk tidur.

2. Jangan makan berlebihan di malam hari
Usahakan agar makan malam Kamu tidak melewati pukul 19.00. Perut yang penuh menyebabkan tubuh masih melakukan proses pencernaan, sehingga tubuh belum beristirahat. Walau bukan makanan berat, kurangi juga konsumsi makanan ringan di malam hari.

3. Jangan melakukan kegiatan yang menyita pikiran menjelang tidur
Kegiatan atau pekerjaan yang membutuhkan pertimbangan dapat menyebabkan Kamu sulit tidur. Perdebatan yang dilakukan malam hari juga menimbulkan efek yang serupa. Jadi, jangan biarkan kegiatan itu dilakukan setelah jam 20.30 malam. Biarkan pikiran Kamu relaks menjelang waktu tidur Kamu. Itu akan sangat membantu agar Kamu cepat tidur.

4. Mandi dengan air panas
Kegiatan ini dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga Kamu bisa tidur lebih cepat. Mandi dengan air panas ini dapat Kamu lakukan 1 jam sebelum tidur.

5. Matikan lampu
Saat menjelang tidur, matikan lampu kamar Kamu. Bila Kamu terbiasa tidur malam dan ingin tidur lebih cepat, maka upayakan agar Kamu sudah berada di kamar setengah jam dari waktu yang Kamu tentukan, matikan lampu dan cobalah untuk pejamkan mata.

6. Gunakan wewangian atau musik slow sebagai pengantar tidur
Kamu dapat menggunakan aroma terapi agar lebih tenang. Bila memungkinkan, nyalakan musik slow yang dapat membantu Kamu rileks.

7. Membaca buku
Ambilah buku kesayangan Kamu, dan bacalah. Buku membuat Kamu berpikir tenang dan mempercepat proses agar Kamu cepat tidur dengan nyenyak. Namun perlu diperhatikan juga pemilihan bukunya. Jangan membaca buku yang terlalu seru (buku tentang action atau detektif) sehingga membuat otak Kamu berkerja yang menjadikan Kamu susah tidur.
  
8. Menulis buku harian
Menulis buku harian sebelum tidur juga dapat membuat Kamu menikmati tidur yang nyenyak. Dengan menulis buku harian, Kamu seolah-olah sedang men-download pikiran Kamu dan akan meringankan beban pikiran yang membuat pikiran lebih tenang dan tidurpun menjadi lebih nyenyak.

9. Ibadah dan baca doa
Ini juga penting, siapa tahu kamu belum bisa tidur karena masih ada ibadah yang belum dilakukan, seperti sholat Isya. Insya Allah tidur jadi lebih nyenyak jika sudah selesai mengerjakan 5 waktu sholat kan? Jangan lupa berdoa juga ya sebelum tidur, supaya waktu tidurnya diberkahi Allah, dan terhindar dari mimpi buruk.

Nb: Aslkm, saat ini hiabspeak sudah pindah ke hijabspeak.com . More articles, more creative and fresh ;)


Baca juga: 
Don't stress! Ini dia penyakit akibat stressAyo bakar kalori!

Writer: Yona Intan Zariska | Editor: Fika Trimujiani
Follow on @hijabspeak

1 komentar:

  1. mandi dengan air panas dan matikan lampu, itu tips jitu yang aku juga pakai, mba :)

    BalasHapus